PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALA KERITANG KECAMATAN KERITANG

Nasyirah, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALA KERITANG KECAMATAN KERITANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013181PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: Sebamyak 6 siswa dari 16 siswa tidak memahami materi pelajaran IPS yang diajarkan. Hal ini terlihat dengan adanya siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sedang diberikan, siswa pada semester genap mendapatkan nilai di bawah standar KKM (6.5) atau tidak mencapai ketuntasan, dan siswa kurang mengusai materi pelajaran IPS yang sudah diajarkan oleh guru.Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar IPS dapat ditingkatkandengan mengunakan metode Discovery Inquiry pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir kelas V semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 16 orang, terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 46% kategori “Rendah”, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui penerapan metode Discovery Inquiry, hasil siswa meningkat menjadi 62,5% kategori “Sedang”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar materi Peristiwa Sekitar Proklamasi siswa meningkat kembali menjadi 77% kategori “Baik Sekali” Artinya ada peningkatan hasil belajar materi Peristiwa Sekitar Proklamasi mata pelajaran IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:40
Last Modified: 13 Oct 2016 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item