Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU

DINA ISWARA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu AlFityah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimen dan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini ialah kelas V An-Nawawi sebagai kelas eksperimen dan kelas V AlDahlawi sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditarik kesimpulan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen sebesar 84,71 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 74,42. Berdasarkan analisis t test dan nilai kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung = 3,941 dan ttabel = 2,013 untuk taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel. Maka Ha diterima H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan literasi sains siswa yang belajar dengan pengaruh signifikan dari model pembelajaran learning cycle 7E dengan yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kemampuan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMUHAMMAD ILHAM SYARIF2026089401-
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:18
Last Modified: 22 Jul 2024 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83207

Actions (login required)

View Item View Item