PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT PENGAJUAN KREDIT USAHA KECIL (KRUCIL) BAGI WIRAUSAH PADA PT. BANK PERKREDITANRAKYAT PEKANBARU

Rustam, (2011) PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT PENGAJUAN KREDIT USAHA KECIL (KRUCIL) BAGI WIRAUSAH PADA PT. BANK PERKREDITANRAKYAT PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201150-.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru merupakan salah satu perusaha perbankan milik pemerintah daerah kota Pekanbaru yang bergerak dalam dunia perbankan (simpan pinjam dan transaksi yang lain) yang disingkat BPR Pekanbaru, BPR Pekanbaru saat ini masih beroperasi diwilayah dan disekitar kota pekanbaru yang terdekat. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh word of mouth terhadap minat pengajuan kredit usaha kecil (KRUCIL) bagi wirausaha pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket kepada nasabah penguna kredit usaha kecil (KRUCIL). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder sedangkan analisa data mengunakan metode diskriptif kuantitatif yaitu mengunakan metode/ rumus regresi sederhana dan regresi berganda untuk mengetahui apakah ada pengaruh word of mouth terhadap minat pengajuan kredit usaha kecil (KRUCIL). Berdasarkan pernyataan responden diketahui bahwa berpengaruh terhadap minat pengajuan kerdit usaha kecil (minat beli) pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru. Hasil penelitian diperoleh F hitung = 33,775 > F tabel pada taraf signifikan (α) 5%, d.f. : 74-5-1; 5 adalah sebesar 2,45, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa secara bersama-sama dimensi talkers, topics, tools, takings parts dan traking (Word Of Mouth) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli (Pengajuan Kredit). Hasil t hitung untuk masing-masing dimensi variabel bebas dengan tingkat keyakinan 95 % (a : 0.05) adalah: t hitung dimensi talkes = 2,008 > t tabel = 1,980, t hitung dimensi topics = 2,164 > t tabel = 1,980, t hitung dimensi tools = 2,336 > t tabel = 1,980, t hitung dimensi taking parts = 3,028 > t tabel = 1,980, t hitung dimensi talkes = 2,907 > t tabel = 1,980. Dengan demikian Ho ditolak karena t hitung setiap dimensi variabel bebas lebih besar dari t tabel, artinya dimensi-dimensi dari variabel bebas berpengaruh terhadap menat pengajuan kredit ( KRUCIL). Dari hasil perhitungan R2 Sebesar 0,692, hal ini menunjukan bahwa 69,20 % pengaruh Word Of Mout terhadap minat ditentuakan variabel bebas. Sedangkan sisanya ditentuak oleh faktor lain yang tidak diteliti. Saran dari penelitian ini agar Bank BPR Pekanbaru menerapkan pelayan yang lebih prima, dengan memberikan pelayan yang prima diharapkan nasabah mau menceritakan kepada orang disekitar mereka (Word Of Mouth) tentang produk-produk yang dimiliki oleh PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru. Hal lain perlu juga diperhatikan dan dipertimbangkan oleh PT. BPR Pekanbaru, keutungan dari Word Of Mouth Positif akan memberi sumbangan pada penekanan biaya promosi yang dikeluarkan serta memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang sangat panjang bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:15
Last Modified: 14 Jan 2016 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item