Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF FOOT PRINT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HUSNAYAINI KOTA PEKANBARU

MISSY MAIRISTA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF FOOT PRINT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HUSNAYAINI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)

Abstract

MISSY MAIRISTA (2024): PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF FOOT PRINT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HUSNAYAINI KOTA PEKANBARU Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif foot print terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Husnayaini Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen menggunakan desain penelitian Pre-Experimental One Group Pretest Postest dengan uji t test menggunakan rumus t hitung > t tabel. Jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Subjek penelitian adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Husnayaini. Objek penelitian yaitu pengaruh Alat Permainan Edukatif foot print terhadap perkembangan motorik kasar anak di PAUD Al-Husnayaini Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian seluruh anak didik kelompok B PAUD Al-Husnayaini berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Analisis data menggunakan SPSS Statistic Ver 27. Adapun Gambaran umum Alat Permainan Edukatif Foot Print pada anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Husnayaini Kota Pekanbaru Sebelum dilakukan Perlakuan (Pretest) Pada Kelas Eksperimen yaitu dengan rata-rata 37,68% dengan kriteria BB (Belum Berkembang). Pada saat diberikan treatment pertama skor akhir yaitu dengan rata-rata 39,71% dengan kriteria BB (Belum Berkembang). Pada treatment kedua terdapat perubahan skor akhir yaitu dengan rata-rata 43,57% dengan kriteria MB (Mulai Berkembang). Selanjutnya pada treatment ketiga perubahan skor meningkat yaitu dengan rata-rata 63,42% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Pada treatment keempat perubahan skor meningkat dari treatment sebelumnya yaitu dengan ratarata 80,33% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Adapun Gambaran umum perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD AlHusnayaini Kota Pekanbaru setelah diberikan perlakuan (Postest) pada kelas eksperimen dengan rata-rata 92,28 % dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan perkembangan motorik kasar anak kelompok B di PAUD Al-Husnayaini Kota Pekanbaru sebesar 87,61 % yaitu pada kriteria tinggi dengan rumus gain ternormalisasi. Hasil uji t statistik nilai sig 0,001 < 0,05 dengan t hitung 34,881 > t tabel 1,753050. Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Alat Permainan Edukatif foot print berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar anak 5-6 tahun di PAUD AlHusnayaini Kota Pekanbaru. Kata kunci: Alat Permainan Edukatif Foot Print, Motorik Kasar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurhayati2009128501Nurhayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:44
Last Modified: 22 Jul 2024 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83196

Actions (login required)

View Item View Item