PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI KEBUTUHAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MEMENUHI PERALATAN BELAJAR KELAS X MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULUM DESA SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Nanik Khairun Nikmah, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI KEBUTUHAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MEMENUHI PERALATAN BELAJAR KELAS X MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULUM DESA SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013469PIPS-E.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Materi Kebutuhan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Siswa Dalam Memenuhi Peralatan Belajar Kelas X Madrasah Aliyah Nahdatul Ulum Desa Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi kelas X dan siswa kelas X MA Nahdatul Ulum Desa Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Objek penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran materi kebutuhan pada mata pelajaran ekonomi terhadap motivasi siswa dalam memenuhi peralatan belajar kelas X MA Nahdatul Ulum Desa Sungai Putih Kecamatan Tapung kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 9 orang di MA Nahdatul Ulum Desa Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Karena jumlah populasinya kurang dari 100, maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket, dokumentasi, dan observasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat ordinal (pembelajaran materi kebutuhan) dan variabel Y(motivasi siswa dalam memenuhi peralatan belajar) bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval , maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 16.00. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa pembelajaran materi kebutuhan berkategori “baik” dengan persentase 75,85%, dan motivasi siswa dalam memenuhi peralatan belajar berkategori “baik” dengan persentase 73.4%. sedangkan pengaruh Pembelajaran Materi Kebutuhan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Siswa Dalam Memenuhi Peralatan Belajar Kelas X Madrasah Aliyah Nahdatul Ulum Desa Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, ditolak. Dimana ro (observasi/R Square) 0.220, dengan Df = 7, lebih kecil dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.666>0.220<0.798, ini berarti Ha ditolak, Ho diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 06:59
Last Modified: 13 Oct 2016 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item