Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Objek Wisata Religi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian Persepektif Ekonomi Syariah

CINTIA NURUL LITA BR SILALAH, - (2024) Strategi Objek Wisata Religi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian Persepektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

ABSTRAK Cintia Nurul Lita Br Silalahi,(2024): Strategi Objek Wisata Religi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian Persepektif Ekonomi Syariah Perkembangan pariwisata secara berkelanjutan menjadi prioritas pemerintah yang membawa perkembangannya yang sangat cepat. Salah satu contohnya ialah wisata religi. Wisata religi sudah menjadi kebutuhan rohani bagi penganut agama-agama yang ada di dunia. Saat ini pengelolaan pariwisata dititik beratkan pada setiap daerah. Maka dalam permasalahakan skripsi ini adalah untuk meningkatkan minat pengunjung pada objek Wisata Religi Islamic Center dalam presfektif ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) dalam Strategi objek wisata religi dalam meningkatkan minat pengunjung di masjid islamic center pasir pengaraian persepektif ekonomi syariah. Lokasi penelitian ini Masjid Islamic Center Pasir Pangaraian kabupaten Rokanhulu , mengunakan metode pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data mengunakan informan penelitian dengan jumlah 6 orang yaitu pengelola masjid dan pengunjung . Selanjutnya mengunakan teknik analisis Swot ,wawancara, dokumentasi yaitu untuk menguraikan dan menggambarkan pokok permasalahan sehingga penguraian tersebut dapat diambil kesimpulanya. Hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwasanya dari jumlah pengunjung setiap tahunnya yang mencapai ribuan pengunjung, dapat disimpulkan bahwa Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian memiliki potensi besar sebagai tempat wisata religi. Masjid Agung Islamic Center banyak mengundang perhatian para pengunjung dari berbagai penjuru daerah dari segi keindahan, kesejukan, kedamaian, kemewahan, keestetikan yang dipancarkan dan analisis Swot dapat digunakan untuk penentuan strategi dalam meningkatkan minat pengunjung. Wisata religi Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian memiliki tantangan baik dari internal maupun eksternal. Hal ini menunjukan bahwa daya tarik wisata berpengaruh positif terhadap minat pengunjung, promosi dan pembaharuan sarana dan prasarana juga berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Dalam perspektif ekonomi syariah, Masjid Agung Islamic Center Pasir Pengaraian menjalankan wisata religi yang sesuai dengan syariat islam, Tidak ada aktivitas yang dilarang oleh syariat seperti menjual makanan atau minuman yang diharamkan oleh agama Islam dan memiliki kegiatan keagaman seperti mtq, suluk ,pengajian dan kegiatan yang lain dan menjadikan bisnis wisata religi ini sudah sesuai dengan ekonomi islam. Kata kunci : Strategi, Objek Wisata Religi, SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMadona Khairunnisa2018098602madonakhairunisa@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMusrifah2010079101musrifah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:12
Last Modified: 23 Jul 2024 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83153

Actions (login required)

View Item View Item