PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH DESA KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Zuriati, (2013) PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH DESA KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013442PIPS-E.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini teridiri dari dua variable, yaitu pengulangan materi pelajaran dirumah ( Variabel bebas/Indevenden atau variabel X) dan hasil belajar ekonomi siswa ( Varaibel dependent/terikat atau varaibel Y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan yang signifikan antara pengulangan materi pelajaran dirumah dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Desa Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada hubungan yang singnifikan antara pengulangan materi pelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Desa Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Desa Kuok Kecamatan Bangkinag Barat Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah pengaruh pengulangan materi pelajaran dirumah dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Desa Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Populasinya adalah 80 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian angket adalah dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis Product moment. Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa antara pengulangan materi pelajaran ekonomi dirumah (X) dengan Hasil belajar ekonomi siswa (Y) dengan Hasil anlisis Product moment yaitu r observasi (0.734) lebih besar dari r tabel baik pada signifikn 5% (0.734) dan 1% (0.296), Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terhadap hubungan yang signifikan antara pengulangan materi pelajaran dirumah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Desa Kuok Kecamatan Bangkinang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 06:54
Last Modified: 13 Oct 2016 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8315

Actions (login required)

View Item View Item