Domi Alfitra, Domi
(2024)
Analisa Keranjang Belanja untuk Menentukan Tata Letak Barang Menggunakan Algoritma FP-Growth.
SISTEMASI: JURNAL SISTEM INFORMASI, 13 (4).
pp. 1-26.
ISSN 2302-8149
Abstract
Abstrak - Industri ritel telah mengalami transformasi yang signifikan. Jumbo Mart adalah salah satu bisnis retail yang konsisten memenuhi kebutuhan pelanggan di kota Pekanbaru. Banyaknya bisnis serupa membuat Jumbo Mart perlu memiliki keunggulan kompetitif untuk bersaing. Salah satunya adalah dengan meningkatkan pengamalan belanja, terutama pada aspek tata letak barang. Namun, berdasarkan hasi observasi dan wawancara, penetapan tata letak barang di Jumbo Mart masih belum optimal. Banyaknya produk dan variasi item yang dijual menjadi salah satu alasan. Selain itu, riwayat transaksi pelanggan belum digunakan lebih lanjut dan hanya disimpan sebagai arsip laporan bulanan. Padahal dengan menganalisis data tersebut dapat menjadi solusi yang efektif dalam menyusun tata letak barang berdasarkan perilaku pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengusulkan teknik data mining dengan algoritma FP-Growth untuk menemukan aturan asosiasi antar kategori barang. Hasil implementasi dengan nilai minimum support 15% dan confidence 50% mendapatkan 7 aturan asosiasi, namun hanya 6 yang terbukti valid. Aturan asosiasi yang valid tersebut kemudian diusulkan untuk ditempatkan secara berdekatan sehingga dapat memudahkan pembeli menemukan barang yang diinginkan. Selain itu, item dengan kategori konsumsi dominan menjadi consequents, yang dapat ditemukan pada 4 aturan asosiasi. Ini mengindikasikan bahwa item dengan kategori konsumsi memiliki daya tarik yang besar dan merupakan bagian penting dari perilaku dan kebiasaan belanja pelanggan.
Kata kunci: analisis keranjang belanja, asosiasi, FP-growth, jumbo mart, tata letak barang.
Actions (login required)
|
View Item |