PENGARUH KEAKTIFAN MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENDIDIKAN SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Ega Gusti, (2013) PENGARUH KEAKTIFAN MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENDIDIKAN SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013380PIPS-E.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keaktifan dalam mengerjakan tugas (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Kampar Timur. Sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikan antara keaktifan dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Kampar Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, sedangkan objeknya adalah keaktifan dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Kampar Timur. Populasinya adalah 27 orang, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0,396) dan 1% (0.505) karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai r hitung ro (observasi) = 0,705. Analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Kampar Timur. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 39,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:50
Last Modified: 13 Oct 2016 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8313

Actions (login required)

View Item View Item