Heni Ayu Lestari, - (2024) ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIC TEST MULTIPLE CHOICE FOUR-TIER PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI HENI AYU LESTARI FIX.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI HENI AYU LESTARI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
Abstract
ABSTRAK Heni Ayu Lestari, (2024) : Analisis Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Diagnostic Test Multiple Choice Four-Tier Pada Materi Ikatan Kimia Rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep ikatan kimia membuat banyak siswa mengalami miskonsepsi. Ikatan Kimia merupakan salah satu materi kimia yang memuat banyak konsep, berjenjang, dan terstruktur sehingga dianggap sulit dan sering mengalami miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi Ikatan kimia dan mengetahui persentasenya. Jenis penelitian yang digunakan berupa mixed methods dengan tipe Explanatory Sequential Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Putra MA Darul Hikmah Pekanbaru sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa diagnostic test multiple choice Four-Tier. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran dan identifikasi miskonsepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan miskonsepsi yang dialami siswa pada materi ikatan kimia sebesar 62.14% dan masuk kedalam kategori tinggi. Miskonsepsi terendah teridentifikasi pada indikator (4) menentukan atom pusat, domain ikatan, dan domain nonikatan melalui penggambaran struktur lewis dengan persentase sebesar 37.14%. Sedangkan miskonsepsi tertinggi teridentifikasi pada indikator (9) menganalisis pengaruh gaya Van der Waals terhadap sifat fisik (titik didih dan titik leleh) senyawa dengan persentase sebesar 67.17%. Tingkat pemahaman konsep siswa secara keseluruhan adalah 62.14% siswa mengalami miskonsepsi yang masuk kedalam kategori tinggi, 12.59% siswa paham konsep dan 25.27% siswa tidak paham konsep. Kata kunci : Miskonsepsi, Diagnostic Four-Tier, Ikatan Kimia
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 09:11 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 09:11 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83118 |
Actions (login required)
View Item |