Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WILAYAH DI UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG

ANDI MUHAMMAD REZKI ALFARABI, - (2024) MPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WILAYAH DI UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV-8.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)

Abstract

Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan diharapkan dapat diselesaikan di setiap wilayahnya atau berbasis wilayah sesuai dengan prinsip kedekatan, yakni semakin dekat pengelolaan limbah dari sumbernya maka semakin kecil risiko yang dapat ditimbulkan dan semakin murah biaya yang dikeluarkan. Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan tersebut secara teknis telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah. Namun untuk penerapan Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah diperlukan strategi yang melibatkan peran serta Pemerintah Daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Kota. Permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan limbah medis fasilitas pelayanan kesehatan berbasis wilayah di UPT Puskesmas Sungai Guntung bahwa pengelolaan limbah medis yang ada di Puskesmas Sungai Guntung belum berjalan dengan baik, pengangkutan limbah medis belum bisa dilakukan setiap bulan, dimana hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun, karena keterbatasan akomodasi dan transportasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah di UPT Puskesmas Sungai Guntung sudah terlaksana, namun belum berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambat implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah di UPT Puskesmas Sungai Guntung diantaranya adalah: (i) faktor transportasi; dan (ii) faktor akomodasi. Kata Kunci : Implementasi, Pengelolaan, Limbah Medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD DARWIS, -2027027801muhammaddarwis@uin-suska.ac.id
Thesis advisorALPI SYAHRIN, --Alpisyharin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:01
Last Modified: 19 Jul 2024 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83109

Actions (login required)

View Item View Item