Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN 001 PULAU BANGKINANG

SEPTI ANDIRA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN 001 PULAU BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV HASIL SEPTI ANDIRA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN SEPTI ANDIRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model group to group exchange di kelas V SDN 001 Pulau Bangkinang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 33 siswa kelas v SDN 001 Pulau Bangkinang, sedangkan objek penelitiannya adalah model group to group exchange dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model group to group exchange dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran melalui model group to group exchange dilakukan, nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa hanya 45 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 67 dengan kategori sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model group to group exchange dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V SDN 001 Pulau Bangkinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIMI HARYANI,, -: 2013058501Mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 03:26
Last Modified: 21 Jul 2024 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83103

Actions (login required)

View Item View Item