DEVHITA HEMADWI CAHYA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL MEANS END ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
BAB 1-5 PITA.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB 4)
BAB 4 PITA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self confidence siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas XI.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Instrument pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, lembar angket dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran means end analysis dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran means end analysis dan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran means end analysis berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self confidence siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2024 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2024 08:18 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83100 |
Actions (login required)
View Item |