Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, MATEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Rosalina Fitri Anisa, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, MATEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX ROSALINA FITRI.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI FIX ROSALINA FITRI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

ABSTRAK Rosalina Fitri Anisa (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga Kemampuan berpikir kritis penting dilakukan untuk meningkatkan kompetensi keterampilan abad-21 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Pekanbaru dengan materi pokok larutan penyangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest, non�equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah masing-masing 36 peserta didik pada kelas kontrol maupun eksperimen dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes essay yang telah disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji Kp. Untuk uji t diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 70,97 dan kelas kontrol sebesar 62,08. jadi dapat disimpulkan, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics pada materi larutan penyangga dengan koefisien pengaruh sebesar 10,2 %. Hasil penelitian ini diharapkan membantu guru untuk lebih menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : Pengaruh, Problem Based Learning , Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMiterianifa, -2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:27
Last Modified: 19 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83088

Actions (login required)

View Item View Item