Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS PEKANBARU MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Baznas Pekanbaru)

FEBRIANSYAH. P, ALAN (2024) OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS PEKANBARU MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Baznas Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
All Bab 1-5 Without Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alan Febriansyah. P (2024): Optimalisasi Pengelolaan Zakat di Baznas Pekanbaru Melalui Penerapan Teknologi Perspektif Fikih Muamalah (studi Kasus di Baznas Pekanbaru) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi beberapa permasalahan penggunaan teknologi pada lembaga zakat yang bertentangan dengan para ulama, seperti transparansi dan akuntabilitas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana teknologi dapat membantu mengoptimalisasi pengelolaan zakat di Baznas Pekanbaru dan bagaimana penerapan teknologi dalam pengelolaan zakat di Baznas Pekanbaru sesuai dengan prinsip-prinsip Fikih Muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perspektif kuat tentang bagaimana praktik modern dapat sejalan dengan Hukum Islam dan menganalisis optimalisasi pengelolaan zakat di Baznas Pekanbaru melalui penerapan teknologi dalam perspektif Fikih Muamalah. Di era digital, lembaga pengelola zakat dituntut untuk mengadopsi teknologi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan zakat. Namun, penerapan teknologi ini perlu dikaji kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip Fikih Muamalah. Lokasi penelitian ini dilakukan di Baznas Kota Pekanbaru terletak di Jl. Jendral Sudirman No.482 Pekanbaru (Komplek Masjid Ar-Rahman Pekanbaru) Kantor Bersama Lt. 1 Sebelah Kiri.. Subjek dari penelitian ini adalah Baznas Kota Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah penerapan teknologi dalam pengelolaan zakat di Baznas yang dilihat dari perspektif Fiqih Muamalah. Narasumber dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di Baznas. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pegawai Baznas Pekanbaru, sementara data sekunder berupa dokumen dan skripsi terdahulu yang relevan. Proses analisis data mencakup penyajian data, dan verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi di Baznas Pekanbaru telah meningkatkan efisiensi pengumpulan dan distribusi zakat. Sistem pembayaran digital dan platform manajemen zakat berbasis teknologi terbukti mempermudah proses administrasi dan meningkatkan transparansi Melalui penerapan teknologi seperti SIMBA dan platform online. Dari perspektif Fikih Muamalah, penerapan teknologi ini secara umum sejalan dengan prinsip-prinsip syariah, terutama dalam hal kemudahan bertransaksi (taysir) dan transparansi (syaffafiyah). Dengan demikian, integrasi prinsip-prinsip Fikih Muamalah dan Maqasid al-Shariah dalam pengelolaan zakat yang didukung oleh teknologi memberikan dasar yang kokoh bagi Baznas Pekanbaru dalam memberikan manfaat sosial dan kemanfaatan bagi masyarakat yang membutuhkan, sesuai dengan nilai-nilai Islam yang mulia. Kata Kunci: Fikih Muamalah, Baznas, Teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHELMI BASRI, -2004077402helmibasri.uinriau@gmail.com
Thesis advisorSUHAYIB, -2031126301suhayib@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2024 02:12
Last Modified: 21 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83080

Actions (login required)

View Item View Item