PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU

Ririn Ridawati, (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013356PIPS-E.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu persepsi siswa tentang komunikasi guru ekonomi (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu, sedangkan objeknya adalah Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, karena jumlah populasi lebih dari 100, maka penulis mengambil sampel sebanyak 53 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0,273) dan 1% (0.354) karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai r hitung ro (observasi) = 0,493. Analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang komunikasi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 24,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:03
Last Modified: 13 Oct 2016 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item