Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DI KOTA PEKANBARU

MUHAMMAD FAUZI, - (2024) PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV fix123.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

Pasal 15 Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 menjelaskan bahwa, Tahapan Penyelenggaraan penanggulangan bencana meliputi prabencana, tanggap darurat, dan pascabencana. Tugas Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yakni melakukan pencegahan terjadinya risiko bencana banjir, melakukan kajian secara cepat dan tepat pada saat terjadinya banjir di lokasi yang memerlukan bantuan dengan segera. Demikian juga halnya pasca bencana banjir, harus melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi, dalam bentuk pembangunan kembali sarana dan prasarana. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penanggulangan bencana banjir oleh BPBD berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 di Kota Pekanbaru, serta apa kendala yang dihadapai oleh BPBD dalam penanggulangan bencana banjir di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis atau empris yang dilakukan di lapangan. Dalam hal ini tentunya mengkaji tentang penanggulangan bencana banjir oleh BPBD berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 di Kota Pekanbaru. Sumber data penelitian adalah data primer, sekunder, dan tertier, serta alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu menguraikan hasil penelitian sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa penanggulangan bencana banjir oleh BPBD berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 di Kota Pekanbaru, antara lain dilakukan pada saat prabencana yakni dengan cara mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mengatasi bencana banjir, kemudian pada masa tanggap darurat yakni pada saat terjadinya banjir. Namun penanggulangan banjir yang dilakukan oleh BPBD tersebut belum dapat dilakukan secara maskimal, karena masih ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari BPBD. Kendala yang dihadapai oleh BPBD dalam penanggulangan bencana banjir di Kota Pekanbaru, antara lain adalah relokasi permukiman yang belum dapat dilakukan secara merata. Di samping itu kendala yang juga dihadapi oleh BPBD adalah masih kurangnya angggaran yang tersedia untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi akibat bencana banjir, serta luasnya dampak bencana banjir yang terjadi di Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Penanggulangan, Bencana Banjir, BPBD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFIRDAUS, -2002106601firdaus@uin-suska.ac.id
Thesis advisorhellen lastfiriani, --lasfitrni@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:15
Last Modified: 19 Jul 2024 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83079

Actions (login required)

View Item View Item