YOLA KOMALASARI, - (2024) HUBUNGAN TEACHER SUPPORT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMK KEHUTANAN NEGERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
Abstract
Di sekolah siswa dihadapkan dengan berbagai tuntutan dan tantangan dalam bidang akademik sehingga penting bagi setiap siswa untuk memiliki resiliensi akademik dalam menjalani dan menyelesaikan proses aktivitas akademiknya. Salah satu faktor lingkungan yang dapat berhubungan dengan resiliensi akademik pada siswa adalah dukungan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara teacher support dengan resiliensi akademik pada siswa SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 170 siswa yang dipilih menggunakan teknik two stage cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik dan skala teacher support dengan masing-masing koefisien reliabilitas yaitu 0,914 dan 0,887. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment dengan menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,512 dengan nilai signifikansi 0,000 (P< 0,01). Selain itu, ditemukan nilai R squared variabel teacher support terhadap variabel resiliensi akademik sebesar 0,263 yang berarti teacher support memberikan sumbangan efektif sebesar 26,3% terhadap resiliensi akademik. Dengan demikian hipotesis diterima, artinya semakin tinggi teacher support maka semakin tinggi resiliensi akademik siswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah teacher support maka semakin rendah resiliensi akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | fpsi - | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2024 04:38 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2024 04:38 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83065 |
Actions (login required)
View Item |