UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSAKINAH BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Adri Saputra, (2013) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSAKINAH BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013344PIPS-E.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan, mempunyai tanggung jawab penuh untuk mempengaruhi para guru untuk senantiasa ikhlas dalam bekerja, semangat dalam berbuat dan selalu ingin ikut serta dalam melakukan kegiatan/pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu kepala sekolah harus senantiasa berusaha memotivasi para guru, agar para guru ikhlas, giat, selalu ingin ikut serta dalam pencapaian tujuan dan bahkan para guru akan senantiasa meningkatkan kinerjanya sebagai pendidik, pembina, pembimbing, pengasuh maupun sebagai pembantu untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Madrasah Tsanawiyah Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan objek penelitian upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi, dengan teknik pengelolaan data menggunakan analisis deskriftif dan persentase. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah Darussakinah, bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesional dikategorikan “Optimal”. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir pengolahan data dari lapangan menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh sebesar 79.62%. sedangkan faktor yang mempengaruhi upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Darussakinah terdiri dari dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor pengambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:57
Last Modified: 13 Oct 2016 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item