PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP MOTIVASI SISWA MENYELESAIKAN TUGAS AKUNTANSI KELAS XI PROGRAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Suwito, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP MOTIVASI SISWA MENYELESAIKAN TUGAS AKUNTANSI KELAS XI PROGRAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013341PIPS-E.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penerapan metode pemberian tugas (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi siswa menyelesaikan tugas akuntansi (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi siswa menyelesaikan tugas akuntansi kelas XI program IPS di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPS di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi siswa menyelesaikan tugas akuntansi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI program IPS di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang berjumlah 177 orang. Sedangkan sampelnya adalah 45 orang siswa yang diambil berdasarkan perhitungan menggunakan teori Nomogram Harry King yaitu dengan taraf kesalahan 10% dan taraf kepercayaan 90% sehingga sampelnya adalah 25% dari total populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat lunak komputer melalui program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 19.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa menyelesaikan tugas akuntansi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis bahwa nilai r hitung (0,788) lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5% atau 1%, yaitu 0,301 <0,788> 0,389. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun besar pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi siswa menyelesaikan tugas kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru adalah sebesar 62,1%. Hal tersebut dibuktikan dari nilai koefisien korelasi (r) 0,788 dan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,621. Melihat kepada persamaan regresi Ý = 8,872 + 0,761X, menunjukkan bahwa setiap ada penambahan nilai penerapan metode pemberian tugas sebanyak 1 maka akan menaikkan nilai dari motivasi siswa menyelesaikan tugas akuntansi sebesar 0,761.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:56
Last Modified: 13 Oct 2016 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item