Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PROBLEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH II PEKANBARU

ADITYA PRAMESWARY, - (2024) PENERAPAN METODE PROBLEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH II PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran materi struktur dan fungsi tumbuhan adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode problem posing menggunakan multimedia interaktif guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes berpikir kreatif dan observasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan metode problem posing dengan multimedia interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial untuk mengukur perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem posing dengan bantuan multimedia interaktif secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode problem posing dan multimedia interaktif dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan hasil post-test pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85,19. Sedangkan pada kelas kontrol hasil post-test menunjukkan skor dengan nilai rata-rata 70.10. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis pada nilai post-test menggunakan uji t atau independen tes dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,001 < signifikansi alpha 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorrian vebrianto, -2023108702rianvenrianto@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 07:18
Last Modified: 20 Jul 2024 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83036

Actions (login required)

View Item View Item