Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA POLISI LALU LINTAS DALAM MENINDAK PENGEMUDI ANAK DIBAWAH UMUR BERDASARKAN PASAL 81 UNDANG UNDANG LALU LINTAS NOMOR 22 TAHUN 2009 DI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN PERSFEKTIF FIQH SIYASAH

NUR NILAM SARI, - (2024) UPAYA POLISI LALU LINTAS DALAM MENINDAK PENGEMUDI ANAK DIBAWAH UMUR BERDASARKAN PASAL 81 UNDANG UNDANG LALU LINTAS NOMOR 22 TAHUN 2009 DI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN PERSFEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh diaturnya ketentuan mengenai upaya polisi dalam menindak anak dibawah umur Berdasarkan Pasal 81 Undang Undang Lalu Lintas Nomor Tahun 2009. Peraturan pasal 81 UU 22 tahun 2009 berisi tentang Ketentuan umur untuk mendapatkan SIM, Namun pada kenyataannya tugas atau pelaksanaan pasal 81 tersebut belum terealisasi dengan baik. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya polisi lalu lintas dalam menindak anak dibawah umur Berdasarkan pasal 81 Undang Undang Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 di Kecamatan Pangkalan Kerinci? (2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap upaya Polisi Lalu Lintas Dalam Menindak Anak Dibawah Umur di Kecamatan Pangkalan Kerinci? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya polisi lalu lintas dalam menindak pengemudi anak dibawah umur berdasarkan pasal 81 Undang Undang Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 di kecamatan pangkalan kerinci kabupaten pelalawan persfektif fiqh siyasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi Penelitian adalah di Polres Pelalawan kota Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Populasi dan Sampel adalah Kaur Binopsnal, kepolisian, anak dibawah umur. Sumber data dari penelitian ini adalah Data Primer dan Sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Pustaka/Content Analysis. Metode Analisis Data dan Studi Pustaka dengan menjelaskan secara rinci dan sistematis data yang didapat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pasal 81 UU Lalu Lintas No. 22 tahun 2009 tentang Upaya Polisi Lalu Lintas dalam menindak anak di bawah umur berdasarkan Pasal 81 undang undang Lalu Lintas No. 22 tahun 2009 di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, berhasil mengidentifikasi permasalahan dan pendekatan untuk mencegah pelanggaran. Melalui penyuluhan di sekolah dan tindakan preventif seperti teguran, e-tle, dan denda, upaya telah dilakukan. Namun, keterlibatan orang tua menjadi kendala. Perspektif Fiqh Siyasah menunjukkan kesesuaian pasal ini dengan syariat Islam, di mana manusia dituntut untuk menjaga ketertiban berlalu lintas demi mencegah kemaslahatan di jalan raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfahmi Nur, -2001017101fahminurarif72@gmail.com
Thesis advisorZulfahmi Bustami, -2005106701zulfahmibustami@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 08:17
Last Modified: 20 Jul 2024 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83029

Actions (login required)

View Item View Item