Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DINAMIKA TRADISI MITONI DI DESA KEDABURAPAT KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (KAJIAN LIVING QUR’AN)

YUYUN RAHAYUNI, - (2024) DINAMIKA TRADISI MITONI DI DESA KEDABURAPAT KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (KAJIAN LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUYUN RAHAYUNI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Dinamika Tradisi Mitoni di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti (Kajian Living Qur’an)”. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana Dinamika Tradisi Mitoni di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti? (2) Apa Alasan Pembacaan Surah-Surah Al-Qur‟an Dalam Pelaksanaan Tradisi Mitoni di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti? Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Informan penelitian ini terdiri dari informan kunci sebanyak 2 orang dan informan tambahan sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Tahapan pelaksanaan tradisi mitoni sudah mengalami beberapa perubahan seiring perkembangan zaman serta mendalamnya ilmu pengetahuan dan Agama. pada zaman dahulu tradisi ini memuat banyak ritual, sedangkan pada masa sekarang tradisi ini dilakukan secara lebih ringkas dan telah disesuaikan dengan syari‟at agar tidak terdapat nilai kemusyrikan dan penyimpangan terhadap syari‟at Islam. (2) Alasan pembacaan surah-surah al-Qur‟an dalam tradisi mitoni adalah berkaitan dengan makna dari surah-surah yang dibaca tersebut, dimana secara keseluruhan merupakan bentuk pengaharapan keselamatan dan keberkahan bagi ibu dan bayi. Kata Kunci: Tradisi, Mitoni, Kedaburapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJAMALUDDIN2023046701jamaluddin@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSUJA'I SARIFANDI2005037001suja'i.sarifandi@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:18
Last Modified: 21 Jul 2024 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83025

Actions (login required)

View Item View Item