Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DATA POKOK PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TANGGA BATU KABUPATEN ROKAN HILIR

KASBIAH SAGALA, - (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DATA POKOK PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TANGGA BATU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh implementasi Pengelolaan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 009 Tangga Batu, Kabupaten Rokan Hilir. Tujuan penelitian mencakup tiga aspek: (1) Mengidentifikasi bagaimana implementasi Dapodik di sekolah tersebut, (2) Menilai kinerja guru, dan (3) Mengukur seberapa besar pengaruh implementasi Dapodik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan. Populasi penelitian terdiri dari 19 guru di SD Negeri 009 Tangga Batu, yang semuanya dijadikan sampel penelitian melalui teknik total jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Dapodik di SD Negeri 009 Tangga Batu tergolong "baik" dengan persentase 84,86%, (2) Kinerja guru di sekolah tersebut termasuk dalam kategori "cukup baik" dengan persentase 69,52%, dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi Dapodik terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,689, yang lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% (0,455) maupun 1% (0,388). Nilai signifikan 0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R sebesar 0,829, mengindikasikan bahwa 68,9% variabel kinerja guru dipengaruhi oleh implementasi Dapodik, sementara 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUDASIR, -2008116600mudasir@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:35
Last Modified: 21 Jul 2024 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83010

Actions (login required)

View Item View Item