PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MADRASAH ALIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

Darmawati, (2013) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MADRASAH ALIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013194PIPS-E.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi pedagogik guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 30 orang, karena populasinya tidak banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan Variabel kedua (Y) bersifat ordinal. maka penulis menggunakan rumus regresi sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kompetensi pedagogik guru ekonomi terkategori tinggi” dengan persentase 78,93%, dan motivasi belajar siswa terkategori “baik atau tinggi” dengan persentase 73.70%. Sedangkan pengaruh kompetensi pedagogik guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah Darel Hikmah Pekanbaru, dengan konstribusi kompetensi pedagogik guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa adalah 0.590X100% = 59% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana (observasi/R SQuart) 0.590, dengan df = 28, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,361<0,590>0,463, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:39
Last Modified: 13 Oct 2016 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8301

Actions (login required)

View Item View Item