Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PELATIHAN MUHADHARAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN BERPIDATOSISWA MADRASAH TSANAWIYAH IMAM IBNU KATSIR II LUBUK SAKAT

RISKY PUTRA UTAMA, - (2024) STRATEGI PELATIHAN MUHADHARAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN BERPIDATOSISWA MADRASAH TSANAWIYAH IMAM IBNU KATSIR II LUBUK SAKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Risky Putra Utama (2024): Strategi Pelatihan Muhadharah dalam Membina Kemampuan Berpidato Siswa Madrasah Tsanawiyah Imam Ibnu Katsir II Lubuk Sakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan guru pembimbing dalam membina kemampuan berpidato siswa pada kegiatan pelatihan muhadharah di Madrasah Tsanawiyah Imam Ibnu Katsir II Lubuk Sakat dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan utama yaitu guru pembimbing pelatihan muhadharah berjumlah tiga orang, dan informan pendukung yaitu dua orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Temuan hasil penelitian yaitu strategi yang digunakan guru pembimbing pada pelatihan muhadharah dalam membina kemampuan berpidato siswa adalah strategi menghafal. Metode yang digunakan dalam melancarkan strategi tersebut adalah metode ceramah, metode demontrasi dan metode tanya jawab. Hal ini dinilai cukup maksimal dalam membina kemampuan berpidato siswa, karena siswa dapat memahami materi yang diberikan guru pembimbing, wawasan siswa lebih terbuka, siswa dapat mengolah kata dengan baik, serta lebih percaya diri. Kata Kunci: Strategi, Pelatihan Muhadharah, Kemampuan Berpidato.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD FAUZAN, -2002027902mohd.fauzan@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 06:51
Last Modified: 21 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83007

Actions (login required)

View Item View Item