HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA DI SMA NEGERI 2 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Siska Enita, (2011) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA DI SMA NEGERI 2 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011538.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Diketahui dari latar belakang penelitian ini adalah bahwa kompetensi sosial Guru di SMA Negeri 2 kampar kecamatan kampar kabupaten kampar, pada dasarnya telah memiliki kompetensi sosial yang baik. Hal ini terlihat dari cara mereka berinteraksi dengan siswa maupun dengan rekan kerja (sesama guru). Mereka sudah saling membantu terutama dalam mengisi jam pelajaran yang kosong ketika guru lain berhalagan hadir. Namun berdasarkan hasil studi pendahuluan, ditemukan gejala gejala atau fenomena-fenomena sebagai berikut: 1) Adanya sebagian siswa yang kurang semagatnya dalam belajar, hal ini terlihat saat proses pembelajaran di kelas, siswa cenderung diam mengdengarkan guru menjelaskan meteri pelajaran di kelas. 2) Adanya sebagian siswa yang kurang memahami perkataan guru, hal ini terlihat dari pertanyaan yang dilontarkan siswa saat pelajaraan. 3) Adanya sebagian siswa yang tidak perduli dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan kompetensi sosial guru dengan hasil belajar afektif siswa di SMA Negeri 2 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) tekhnik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang ditemukakan oleh pearson. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwah kompentasi sosial guru dengan hasil belajar afektif siswa di SMU Negeri 2 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori sedang atau cukup kuat yaitu 0,532 (sugiyono, 2005:241) koefisien determinasi (R square) adalah 0,274 kontribusi tingkat kompentansi sosial guru dengan hasil belajar afektif siswa adalah sebesar 27,4% selebihnya ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:19
Last Modified: 14 Jan 2016 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item