PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MAYANG PONGKAI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Rozalita, (2011) PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MAYANG PONGKAI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011155.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMPS LPM Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berlaku, salah satunya adalah siswa belajar dengan menggunakan lembar kegiatan siswa (LKS). Hal tersebut salah satu untuk menunjang pendidikan yang baik dan hasil yang bermutu. namun masih banyak hal-hal negatif yang ditemui. Dari observasi awal peneliti, bahwa masih ada sebagian siswa yang acuh tak acuh dalam memanfaatkan LKS tersebut, dalam arti kata siswa mempunyai anggapan bahwa LKS kurang bermanfaat dalam membantu belajarnya. Berdasarkan studi pendahuluan penulis menemukan gejala-gejala sebagai berikut : 1. Masih ada sebagian siswa yang malas membawa buku LKS. 2. Masih ada sebagian siswa yang tidak membuka buku LKS nya ketika belajar. 3. Masih ada sebagian siswa yang enggan membaca atau membuka LKSnya ketika jam kosong atau sedang tidak belajar. 4. Masih ada sebagian siswa yang tidak memiliki buku LKS. 5. Buku-buku LKS jenis tersebut tidak digunakan oleh siswa secara mandiri (misalnya dalam bentuk penugasan PR). Berdasarkan gejala-gejala yang dipaparkan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah dengan judul: " Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendidikan Agama Islam oleh Siswa SMPS LPM Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar ". Berdasarkan hasil observasi dan analisa data yang peneliti lakukan dapatlah diambil suatu kesimpulan bahwa pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendidikan Agama Islam oleh siswa SMPS LPM Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Dimana penulis menyimpulkan pemanfaatan LKS oleh siswa dikategorikan SEDANG, dengan porsentase berjumlah 72.87 %. Dimana jawaban tersebut terletak pada rentang porsentase 56 % - 75 % yang dijadikan sebagai standar dalam penelitian ini. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendidikan Agama Islam oleh siswa SMPS LPM Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut: 1. Minat Siswa 2. Perhatian orang tua 3. Perhatian guru 4. Lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:32
Last Modified: 22 Dec 2015 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item