Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN

IRMA NINGSIH, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran (Kecuali Bab IV).pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
Bab IV (Hasil Penelitian).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi nilai-nilai keislaman yang valid, praktis, dan efektif pada materi garis dan sudut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kinerja dan analisis kebutuhan bahwa dibutuhkan bahan ajar yang dapat melibatkan peran aktif siswa dan membantu siswa memahami materi garis dan sudut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Development, Design, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Fadhilah Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan tergolong kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan 82,5%. Sedangkan, uji praktikalitas menunjukkan LKS yang dikembangkan tergolong kriteria praktis dengan persentase kepraktisan 79%. Berdasarkan hasil uji efektifitas LKS melalui uji Man Withney U diperoleh bahwa rata-rata siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi nilainilai keislaman lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi nilai-nilai keislaman telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Sehingga, LKS yang dikembangkan dapat menjadi alternatif bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRamon Muhandaz, -2004068901ramon.muhan@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:36
Last Modified: 24 Jul 2024 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82989

Actions (login required)

View Item View Item