Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI KONSUMEN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 80 TAHUN 2019 TENTANG PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK

ALIEF AKBAR, - (2024) PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI KONSUMEN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 80 TAHUN 2019 TENTANG PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Alief Akbar, (2023): Perlindungan Hukum Data Pribadi Konsumen Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Pembahasan dalam skripsi ini adalah perlindungan hukum terhadap data pribadi konsumen yang disebarluaskan oleh pelaku usaha pada aktivitas jual beli On-line. Hal ini perlu ditanggapi karena belum adanya pengaturan yang jelas terkait dengan perlindungan data pribadi konsumen dan perjanjian baku mengenai perlindungan data pribadi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perlindungan hukum data pribadi konsumen berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Transaksi Elektronik dan bagaimana tinjauan yuridis Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Transaksi Elektronik terkait perlindungan data pribadi konsumen. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat yuridis normatif serta pendekatan yang digunakan adalah Undang-Undang dan kasus atau fenomena yang terjadi dan dilakukan pada taraf sinkronisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaturan mengenai perlindungan data pribadi konsumen pada transaksi jual beli On-line wajib dilaksanakan oleh pelaku usaha dan perihal perjanjian baku terkait perlindungan data pribadi tidaklah bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang terkait dalam penelitian ini. Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Transaksi Elektronik spesifik melindungi data pribadi konsumen dan mempunyai keterkaitan peraturan perundang-undangan lainnya. Perihal yang mempengaruhi proses perlindungan data pribadi konsumen adalah belum adanya kebijakan dan pengelolaan data pribadi yang baik oleh pelaku usaha, belum adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap masyarakat, dan belum adanya pelayanan dan mekanisme terkait dengan penghapusan data pribadi konsumen. Belum adanya aturan jelas yang mengatur mengenai perlindungan data pribadi konsumen dalam transaksi jual beli On-line menjadi kekhawatiran bagi konsumen. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Perlindungan Data Pribadi Konsumen, Data Pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMHD. KASTULANI2009096301kastupku123@gmail.com
Thesis advisorBASIR2015058202basir@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:59
Last Modified: 21 Jul 2024 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82983

Actions (login required)

View Item View Item