PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM PENCATATAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGHITUNG HARGA PEROLEHAN PERSEDIAAN SISWA KELAS XII DI SMA TRI BHAKTI PEKANBARU

Sulistri, (2013) PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM PENCATATAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGHITUNG HARGA PEROLEHAN PERSEDIAAN SISWA KELAS XII DI SMA TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013127PIPS-E.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemahaman Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang (variabel bebas/independen atau variabel X) dan Hasil Belajar Siswa Menghitung Harga Perolehan Persediaan (variabel dependen/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pemahaman Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang Terhadap Hasil Belajar Siswa Menghitung Harga Perolehan Persediaan Siswa kelas XII di SMA Tri Bhakti Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan IPS di Sekolah SMA Tri Bhakti Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Pemahaman Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang Terhadap Hasil Belajar Siswa Menghitung Harga Perolehan Persediaan. Sampel berjumlah 62 orang yang di ambil dari populasinya yang berjumlah 164 orang. Pengumpulan data diambil dengan tes dan dokumentasi nilai ulangan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statiscal Packages for social sciences) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Pemahaman Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang Terhadap Hasil Belajar Siswa Menghitung Harga Perolehan Persediaan Siswa Kelas XII di SMA Tri Bhakti Pekanbaru, dengan kontribusi Pemahaman Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang Terhadap Hasil Belajar Siswa Menghitung Harga Perolehan Persediaan sebesar 0,347 X 100% = 34,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dimana ro (observasi) = 0,589 lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,254 < 0,589 > 0,330 ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Ini berarti terdapat Pengaruh Pemahaman Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang Terhadap Hasil Belajar Siswa Menghitung Harga Perolehan Persediaan Siswa Kelas XII di SMA Tri Bhakti pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:35
Last Modified: 13 Oct 2016 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item