JULHAN POHAN, - (2024) INTEGRASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGANAL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SAINS Al-QUR’AN PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
||
|
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Julhan Pohan . 2024. Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur`an di Sekolah Menengah Pertama Sains Al-Qur`an Pekanbaru. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami dan mendeskripsikan integrasi pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an lokasi yang melaksanakan integrasi pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Tujuan integrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an di sekolah menengah pertama sains Al-Qur`an Pekanbaru. (2) Model integrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an di sekolah menengah pertama sains Al-Qur`an Pekanbaru. (3) Evaluasi integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an di sekolah menengah pertama sains Al-Qur`an Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tujuan integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an adalah sebagai berikut; pertama, tujuan unifikasi berpijak pada bangunan keilmuan integralistik agama sebagai doktrin dan kepercayaaan dengan sains yang ilmiah. Kedua, tujuan adaptasi agar bisa menyesuaikan terhadap lingkungan dan budaya pesantren. Ketiga,tujuan diferensiasi yang mengapresiasi keberagaman dan perbedaan peseta didik. 2) Model integrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an di meliputi; pertama, model integrated yang memadukan Ilmu Pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an dengan perumusan tema integralistik, yang pendekatannya antar bidang studi melalui penetapan kurikuler dan penemuan keterampilan, konsep dan sikap yang tumpang tindih dalam beberapa bidang studi. Kedua, model relations theme ialah pengitegrasian tema yang dengan tema yang lain, baik tema yang dibahas sesudahnya atau tema yang dibahas sebelumnya.3) Evaluasi integrasi pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam dengan Al-Qur‟an mengusung integrasi terkoneksi dengan Al-Qur‟an. Sedangkan evaluasinya ialah pada penilaian kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Kata Kunci: Integrasi Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Al-Qur‟an
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2024 03:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2024 03:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82977 |
Actions (login required)
View Item |