PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BABUSSALAM PEKANBARU

Ani Widayati, (2013) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201391PIPS-E.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemanfaatan teknologi informasi (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (variabel dependent/terikat atau variabel Y), sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA swasta Babussalam Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru. Populasinya adalah 32 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana.. Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa antara pemanfaatan teknologi informasi (X) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y) dengan hasil analisis diketahui yaitu r observasi (0.633) lebih bebih dari r tabel baik pada signifikan 5% (0.361) dan 1% (0.463), Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:33
Last Modified: 13 Oct 2016 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item