Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA TAHAP PRE NURSERY DENGAN PEMBERIAN PUPUK KOMPOS FESES SAPI

CHINDY YUSKA PUTRI, - (2024) RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA TAHAP PRE NURSERY DENGAN PEMBERIAN PUPUK KOMPOS FESES SAPI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV HASIL PENELITIAN CHINDY.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN CHINDY.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pembibitan kelapa sawit harus dilakukan pembibitan yang tepat dan berkualitas. Pengunaan pupuk kompos feses sapi direkomendasikan untuk pembibitan kelapa sawit pada tahap pre nursery dalam upaya menekan penggunaan pupuk anorganik serta mengurangi limbah di lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit terbaik dengan menggunakan pupuk kompos dari feses sapi. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri atas 5 taraf perlakuan, yaitu tanpa menggunakan kompos feses sapi, kompos feses sapi sebanyak 100 g/polybag, 125 g/polybag, 150 g/polybag, dan 175 g/polybag. Parameter yang diamati tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, diameter batang, panjang akar, volume akar, Jaringan N daun. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pupuk kompos feses sapi dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bibit kelapa sawit tahap pre nursery disemua parameter. Perlakuan pupuk kompos feses sapi dengan dosis 175 g/polybag merupakan perlakuan terbaik dalam meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, diameter batang, panjang akar, volume akar, Jaringan N daun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTiara Septirosya2014099001tiaraseptirosya@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSITI ZULAIHA2024069301siti.zulaiha@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:20
Last Modified: 21 Jul 2024 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82951

Actions (login required)

View Item View Item