Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI PADA SISWA SMP NEGERI 1 SALO

MEI DATUL HASANAH, - (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI PADA SISWA SMP NEGERI 1 SALO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang rentan akan terjadinya masalah gizi. Status gizi adalah kondisi kesehatan yang timbul dari keseimbangan antara kebutuhan nutrisi dan asupan nutrisi yang diterima. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi. Pengetahuan gizi seimbang sangat penting dimiliki oleh setiap remaja karena dapat mempengaruhi status gizinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi pada siswa SMP Negeri 1 Salo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik Total Sampling dengan jumlah sampel 93 orang. Metode pengumpulan data pengetahuan gizi seimbang diperoleh dari kuesioner yang telah di isi responden dan status gizi menggunakan indikator IMT/U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan status gizi kurang sebanyak 4,3%, status gizi lebih 7,5%, dan status gizi normal 88,2%. Tingkat pengetahuan gizi seimbang kategori kurang 29,0%, pengetahuan gizi seimbang cukup 57,9%, dan pengetahuan gizi seimbang baik 14,0%. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi yang ditunjukkan dengan hasil chisquare dengan nilai p-value 0,010 (p<0,05). Kesimpulan menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi pada siswa SMP Negeri 1 Salo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYANTI ERNALIA1015068504yantiernalia@yahoo.com
Thesis advisorTAHRIR AULAWI2014077401tahrira@yahoo.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrisi, Ilmu Gizi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:21
Last Modified: 21 Jul 2024 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82933

Actions (login required)

View Item View Item