Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI UMUR DENGAN AMAL PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR (Kajian Tematik Konseptual)

ASRIN HIDAYAT HARAHAP, - (2024) KORELASI UMUR DENGAN AMAL PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR (Kajian Tematik Konseptual). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Korelasi Umur dengan Amal Perspektif Tafsir Buya Hamka (Kajian Tematik Konseptual), dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana penafsiran Hamka terhadap ayat-ayat Umur dan Amal dalam Al-Qur’an?, 2) Bagaimana korelasi umur dan amal dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari?. Penelitian ini menggunakan metode tematik (maudhu’i) dengan berbentuk kajian pustaka (library research) dan pendekatan kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini menggunakan Tafsir Al-Azhar dan kitab tafsir klasik dan kontemporer, adapun sumber data sekundernya adalah kamus, jurnal, serta buku yang berkaitan dengan Umur dan Amal. Adapun hasil penelitiannya adalah Penafsiran Hamka terhadap ayat-ayat Umur dan Amal dalam Al-Qur’an: 1. Kata umur memiliki arti Al-Hayat atau kehidupan. Umur dan waktu merupakan modal kehidupan. Jika seseorang tidak memanfaatkan modal ini dengan sebaik-baiknya maka ia akan merugi. Konsep umur penggunaan umur dalam Al-Qur’an yakni: Pertama , umur peringatan, peringatan itu di tujukan kepada orang kafir yang menyianyiakan umur yang diberikan oleh Allah. Dan menjadi pengajaran untuk kita, terutama generasi milenial. Kedua, umur sebagi modal kehidupan untuk bekal di akhirat kelak. Ketiga, umur sebagai objek sumpah dalam Al-Qur’an, sumpah atas nama Nabi Muhammad; 2. Korelasi Umur dan Amal dalam AlQur’an dalam kehidupan sehari-hari. Wujud Panjang umur ditandai dengan regersi (penurunan) perkembangan. Baik perkembangan fisik maupun perkembangan psikologis. Hal ini dapat ditemukan pada kurangnya fungsi penglihatan, pendengaran, rambut beruban dan menipis, gigi berkurang, serta perubahan pada kulit. Dari sisi psikologis, dapat dilihat pada keadaan seseorang mulai pikun dan depresi. Adapun korelari antara Umur dan Amal dalam AlQur’an dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dengan usia lanjut (panjang umur) dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang dapat membawa kepada ketenangan, antara lain berbuat manfaat, berbuat kebajikan, meningkatkan kesabaran, dan gemar bertaubat dan beribadah. Kata kunci: Umur, Amal, Tafsir Buya Hamka, Tematik Konseptual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuja'i Sarifandi2003057001suja'i.sarifandi.@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSukiyat2010107001sukiyat@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:27
Last Modified: 21 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82915

Actions (login required)

View Item View Item