MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MIS LUHUR ISLAM TANAH DATAR KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING

Mujerimun, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MIS LUHUR ISLAM TANAH DATAR KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013164PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MIS Luhur Islam Tanah Datar Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Luhur Islam Tanah Datar Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing untuk meningkatkan hasil belajar IPA.Berhasilnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 7 orang atau sekitar (35%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 90%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Luhur Islam Tanah Datar Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri hulu. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:57
Last Modified: 12 Oct 2016 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item