Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG MESIN PENCACAH PAKAN TERNAK (BATANG PISANG) ENTOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUSTCHER INGENIEURE (VDI) 2222 (Studi Kasus : Ternak Entok Rumahan)

RIZKA PUTRI, RIZKA (2024) RANCANG MESIN PENCACAH PAKAN TERNAK (BATANG PISANG) ENTOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUSTCHER INGENIEURE (VDI) 2222 (Studi Kasus : Ternak Entok Rumahan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
COVER - LAMPIRAN (1) (1).pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 4 DAN 5 (1).pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Peternakan entok di Indonesia pada umumnya masih menggunakan bahan pakan ternak campuran, yaitu dedak, sayur-sayuran, buah-buahan, dan gedebog pisang sebagai bahan utama campuran. Alternatif itu juga dimanfaatkan pada salah satu ternak entok rumahan yang berada di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, provinsi Riau. Pencampuran bahan baku pakan ternak pada ternak entok tersebut masih dilakukan secara manual baik proses pencacahan dan pengadukannya. Pada saat ini peternak masih menggunakan parang sebagai alat bantu untuk mencacah, dan tangan untuk pencampuran atau pengadukan bahan pakan ternak. Adapun waktu dari proses pencacahan adalah 15 menit dengan hasil 1 kg gedebog pisang, sedangkan untuk waktu proses pencampuran bahan baku membutuhkan waktu 10 menit hingga bahan baku tercampur. Hal ini yang menjadi permasalahan pada penelitian ini, pemecahan masalah pada penelitian ini penulis menggunakan metode Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2222, metode ini merupakan perancangan sistematik terhadap design untuk merumuskan dan mengarahkan penjabaran sebuah ide yang dimiliki untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Hasil dari penelitian ini berupa rancanagan mesin pencacah dan pengaduk pakan ternak yang bersifat 2 in 1, dimana hasil waktu yang diperoleh dari total proses pencacahan dan pengadukan 5 menit menghasilkan 1 kg pakan ternak. Kata Kunci : Alat Pencacah dan Pengaduk 2 in 1, Kapasitas Produksi, Pakan Ternak, Perancangan, VDI 2222

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMELFA YOLA, -2029067901melfa.yola@uin-suska.ac.id
Thesis advisorFITRIANI SURAYYA LUBIS, -2022129002fitriani.surayya@.l@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jul 2024 07:23
Last Modified: 20 Jul 2024 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82892

Actions (login required)

View Item View Item