Rosmidah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-RASYID BELANTARAYA KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013160PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Strategi Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Rasyid Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Iindragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa variabel X, dan penggunaan Strategi Index Card Match variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 37.5% dengan klasifikasi kurang, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa tetap 47.5% dengan klasifikasi kurang, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajar siswa mengalami pengingkatan yakni 57.5% dengan klasifikasi kurang. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 72.5% dengan klasifikasi baik/minimal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 85% dengan klasifikasi baik sekali/optimal pada siklus II pertemuan kedua dengan klasifikasi baik sekali/optimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penerapan Strategi Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al- Rasyid Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Iindragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kelemahan-kelemahan melalui penerapan Strategi Index Card Match pada silkus I tersebut setelah diperbaiki pada siklus II telah mencapai tingkat baik sekali/optimal. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus II tersebut, hasil belajar siswa mencapai kriteria baik sekali/optimal, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 07:54 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8289 |
Actions (login required)
View Item |