Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK CABE MELUR MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS

ERWIN ARMANDA, - (2024) USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK CABE MELUR MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V (PEMBAHASAN).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V (PEMBAHASAN))
BAB IV DAN V (PEMBAHASAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK CABE MELUR MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS ERWIN ARMANADA NIM: 12050216304 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau JL. HR. Soebrantas Km. 15 No. 155. Pekanbaru ABSTRAK Salah satu UMKM yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di kota Dumai adalah industri kecil yang memproduksi keripik cabe. Keripik cabe juga merupakan makanan ikonik dari kota Dumai. Keripik cabe Melur terus berkembang dari segi peralatan tetapi dalam menjalankan usahanya mengalami permasalahan dengan penjualan keripik yang tidak tercapai setiap bulannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis gambaran model bisnis UMKM keripik cabe Melur dan mengusulkan alternatif strategi untuk pengembangan UMKM keripik cabe Melur. Penelitian ini responden yang dipilih yaitu, pemilik usaha, karyawan dan pelanggan yang telah membeli produk sebanyak 2 kali dalam dua bulan. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan metode Business Model Canvas dan Metode SWOT. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa posisi UMKM keripi cabe Melur berada dalam kuadran V yang artinya dalam keadaan menjaga dan mempertahankan keberadaan atau kehadiran dari produknya terhadap pesaing sehingga perlu menerapkan diversifikasi produk/pasar. Alternatif yang diusulkan untuk UMKM keripik cabe Melur yaitu: value propositions (produk dapat dibeli di e-commerce), cost structure (biaya promosi dan biaya layanan internet), key resource (menambah smartphone untuk menujang penjualan online), key activities (penjualan produk melalui media online dan promosi di media sosial), key partners (jasa pengiriman), customer segment (reseller online), channel (pemasaran dan promosi online), dan customer relationship (melayani secara online). Kata Kunci: Pengembangan, UMKM, Business Model Canvas, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnwardi, -1027108202anwardi@uin-suska.ac.id
Thesis advisoranwardi@uin-suska.ac.id, -2012047301ismu@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:38
Last Modified: 18 Jul 2024 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82881

Actions (login required)

View Item View Item