MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA FLIPCHART PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MARDHATILLAH BATAM

Saparuddin Pulungan, (2013) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA FLIPCHART PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MARDHATILLAH BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013158PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era modern, manusia dituntut agar mampu berhitung, ilmu yang paling berperan mengajarkan berhitung adalah matematika, tidak sedikit sumbangan dari pelajaran matematika demi mengembangkan kemampuan manusia dalam memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya, sebagian besar permasalahan palajaran matematika terletak pada materi perkalian, maka untuk itu meningkatkan pemaham konsep perkalian tersebut penelitian ini dibahas lebih serius dimana penulis mencoba menerapkan Media Flipchart. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan Media Flipchart dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian matematika dimana siswa kelas V MI Mardhatillah Batam sebagai subjek, dan Media Flipchart sebagai objeknya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penulis melakukan tiga siklus untuk mengetahui hasilnya, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi aktivitas guru dan siswa serta ujian harian, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil akhir dari penelitian yang dilakukan dengan tiga siklus menympulkan bahwa Media Flipchart dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian matematika khususnya pada siswa kelas V MI Mardhatillah Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:53
Last Modified: 12 Oct 2016 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item