Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE DEBATE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 7 PEKANBARU

JULHAM SAPUTRA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE DEBATE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Julham Saputra, (2024): Pengaruh Penggunaan Strategi Active Learning Tipe Active Debate terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan strategi active learning tipe active debate terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru, sekaligus menguji pengaruh penggunaan strategi active learning tipe active debate terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru yang berjumlah 532. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15% dengan jumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan strategi active learning tipe active debate pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik dengan rata-rata persentasi 77,15% dan kemampuan berpikir kritis siswa tergolong baik dengan rata-rata persentasi 78,78%. Hasil penelitian diperoleh nilai rhitung > rtabel yakni 0,624 > 0,219, dengan taraf signifikan lebih kecil dari pada α (5%) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan startegi active learning tipe active debate terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru. Kontribusi penggunaan startegi active learning tipe active debate terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 38,9% sedangkan sisanya 61,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Active Debate, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFRIDA, -2013016601mamadzaky281107@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 02:27
Last Modified: 21 Jul 2024 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82873

Actions (login required)

View Item View Item