Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI BUDAYA MELAYU RIAU UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

FAJARIATUR RAUDHAH, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI BUDAYA MELAYU RIAU UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAJARIATUR RAUDHAH.pdf

Download (52MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fajariatur Raudhah (2024) : Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilakukan untuk membuat dan mengembangkan modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul ajar digunakan oleh guru sedangkan siswa menggunakan lembar kerja siswa yang terdapat pada modul ajar. Penelitian ini termasuk pada penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Pekanbaru yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, tes kemampuan koneksi matematis, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket, lembar soal tes danpedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas dan praktikalitas modul ajar adalah teknik persentase sedangkan untuk perhitungan efektivitas menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs dinyatakan sangat valid. (2) Modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs dinyatakan sangat praktis. (3) Modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs dinyatakan efektif. Modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau dapat digunakan untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs dan dijadikan sebagai perangkat pembelajaran pada materi teorema Pythagoras. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Budaya Melayu Riau, Kemampuan Koneksi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorERDAWATI NURDIN, --erdawati.nurdin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 01:47
Last Modified: 21 Jul 2024 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82872

Actions (login required)

View Item View Item