Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI MAKNA HADIS “DOA MEMINTA MISKIN’’ DALAM TINJAUAN TASAWUF

SOBAR SIREGAR, - (2024) KONTEKSTUALISASI MAKNA HADIS “DOA MEMINTA MISKIN’’ DALAM TINJAUAN TASAWUF. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kontekstualisasi Makna Hadis Doa Meminta Miskin Dalam Tinjauan Tasawuf”. Lebih dari 50% dari 56 negara muslim di dunia dapat diklasifikasikan sebagai negara miskin. Fenomena kemiskinan tersebut juga terdapat di indonesia, bahkan 14% dari rakyatnya masih dikategorikan sebagai rakyat miskin. Di samping itu di ketahui bahwa Nabi Muhammad Saw yang merupakan panutan dari umat muslim hidup dalam suasana sederhana walaupun sebenarnya memiliki banyak harta. Tentang hidup miskin terdapat riwayat hadis bahwa Rasulullah Saw sendiri meminta hidup dalam keadaan miskin dan diwafatkan dalam keadaan miskin. Hadis ini memicu beberapa masalah tentang bagaimana sebenarnya status dan pemahaman hadis tersebut serta bagaimana realitas ajaran tasawuf dalam kontekstualisasi hadis doa meminta miskin tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian (1) hadis tentang doa meminta miskin tersebut merupakan hadis Ahad yang Aziz dengan kualitas Hasan li Ghairihi. (2) makna “miskin” dalam hadis tersebut adalah ketundukan atau rendah hati bukan berderajat rendah atau kurang dari harta, jadi dari makna hadis meminta miskin tersebut dapat dipahami bahwa seolah-olah Rasulullah berdoa agar tidak dijadikan sombong. Selain itu ajaran tasawuf memandang agar umat memperbaiki akhlaknya dan tidak berharap kepada selain Allah SWT. agar mereka bersifat Qona’ah (merasa cukup dengan harta yang dimilikinya) serta sedikit banyaknya harta tidak mempengaruhi akhlaknya. Kata Kunci: Kontekstualisasi Hadis, Miskin, Tasawuf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. RIDWAN HASBI, -2017067001ridwan.hasbi@uinsuska.ac.id/ongahridwan@yahoo.com
Thesis advisorRINA REHAYATI,, -2029046902Rina.rehayati@uin-suska.ac.id/rina_rehayati@ymail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 06:50
Last Modified: 20 Jul 2024 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82842

Actions (login required)

View Item View Item