Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN OBESITAS SENTRAL DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TENAYAN RAYA

ASRI PRAMULYA ANDANI, - (2024) HUBUNGAN OBESITAS SENTRAL DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TENAYAN RAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya risiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal. Beberapa faktor yang mempengaruhi kejadian hipertensi diantaranya adalah obesitas dan aktivitas fisik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan obesitas sentral dan aktivitas fisik terhadap kejadian hipertensi pada pra lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tenayan Raya. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Tenayan Raya, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru pada Bulan April sampai dengan Bulan Mei 2024. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan besar sampel 71 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan pengukuran lingkar perut. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji Chi-Square didapatkan bahwa ada hubungan antara obesitas sentral dengan kejadian hipertensi pada pra lansia (0,024 < 0,1) dan ada hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian hipertensi pada pra lansia (0,026 < 0,1). Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya hubungan antara obesitas sentral dan aktivitas fisik pada pra lansia di wilayah kerja puskesmas tenayan raya. Diharapkan pra lansia dapat meningkatkan aktivitas fisik yang ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYanti Ernalia, -1015068504yantiernalia@yahoo.com
Thesis advisorur Pelita Sembiring, -2018096903nurpelitasembiring@ymail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 20 Jul 2024 06:12
Last Modified: 20 Jul 2024 06:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82833

Actions (login required)

View Item View Item