PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT SISWA KELAS IV SDN 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Indah Lestari, (2013) PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT SISWA KELAS IV SDN 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013129PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada materi lembaga-lembaga pemerintahan pusat melalui penerapan strategi Genius Learning siswa kelas IV SD Negeri 036 Karya Indah. Berdasarkan observasi awal penulis terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 036 Karya Indah kecamatan Tapung kabupaten Kampar, diperoleh hasil yang sangat rendah hal ini dapat dilihat dari gejala/ fenomena yang terjadi dalam proses belajar mengajar yakni, siswa kurang aktif, sulit memahami materi pelajaran, banyak bermain, kurangnya motivasi, dan perhatian anak terhadap proses belajar mengajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti maka diperoleh hasil belajar siswa dikategorikan “tidak baik” dengan nilai ketuntasan hanya 16,66 % dan belum mencapai standar ketuntasan. Setelah diperbaiki pada siklus I, meningkat menjadi 58,3 % dengan rata-rata 65 berada pada kategori “kurang baik”. Hanya saja belum mencapai standar ketuntasan yang diinginkan. Setelah diperbaiki pada siklus II hasil belajar meningkat secara signifikan yaitu mencapai 83,33 % dengan rata-rata74,79 berada pada kategori “baik”. Oleh karena itu, keberhasilan telah melebihi 75 % dari jumlah seluruh siswa, artinya sebagian besar siswa telah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi genius learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 036 Karya Indah kecamatan Tapung kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:42
Last Modified: 12 Oct 2016 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item