Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER SISWA KELAS V SD NEGERI 020 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR

Sri Khairina (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER SISWA KELAS V SD NEGERI 020 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013109PGMI.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi NKRI melalui Penerapan Strategi pembelajaran berbasis Komputer siswa kelas V SD Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar,dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa diantaranya: Kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran, banyaknya siswa yang belum menunjukkan adanya kegairahan dalam belajar, cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran berbasis Komputer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata 55% berada pda interval 40%-55% dengan kategori kurang. Terjadi peningkatan yaitu pada siklus I dengan rata-rata 67% berada pada interval 56%-75% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 86% berada pada interval 76%-100% dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:37
Last Modified: 12 Oct 2016 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item View Item