Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDI NURUL HAQ TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

NINDIA PUTRI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDI NURUL HAQ TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPAS melalui penerapan model bamboo dancing kelas V SDI Nurul Haq Tualang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sabjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 18 orang siswa kelas V SDI Nurul Haq Tualang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran bamboo dancing dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan kemampun berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata mencapai 58,61 dengan ketuntasan klasikal 16,67%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 69,72 dengan ketuntasan klasikal 38,88%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 76,67 dan ketuntasan klasikal 83,33% dengan kategori sedang. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran bamboo dancing pada muatan pelajaran IPAS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDI Nurul Haq Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Kata Kunci: Model Pembelajaran Bamboo Dancing, Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayati,, -2015107201mardia.hayati@uin_suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:10
Last Modified: 20 Jul 2024 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82759

Actions (login required)

View Item View Item