Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA(BEI) PERIODE 2020-2023

HAIRUNNISAK, - (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA(BEI) PERIODE 2020-2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HAIRUNNISAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL _DAN_PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, arus kas, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional terhadap financial distress. Variabel independen dalam penelitian ini adalah likuiditas yang diukur menggunakan Current Ratio, profitabilitas yang diukur menggunakan Return on Asset (ROA), arus kas diukur menggunakan jumlah arus kas operasi terhadap total asset yang dimiliki perusahaan, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natural dari total asset, dan kepemilikan institusional diukur menggunakan jumlah saham yang dimiliki pihak institusi terhadap total saham yang beredar pada perusahaan. Variabel dependen adalah financial distress yang diukur dengan menggunakan laba bersih tahun berjalan terhadap jumlah saham yang beredar pada perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2023. Sampel perusahaan dalam penelitian ini adalah 42 perusahaan selama 4 tahun dan jumlah sampel penelitian sebanyak 168 observasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dan pengujian hipotesis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Econometric Views (eviews) versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, arus kas dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap financial distress, sedangkan profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANDRI NOVIUS, -1025117803andrinovius@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Jul 2024 06:13
Last Modified: 20 Jul 2024 06:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82758

Actions (login required)

View Item View Item