Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi kasus di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti)

ADE KURNIAWAN, - (2024) ANALISIS PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi kasus di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (74MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (74MB)

Abstract

ABSTRAK Ade Kurniawan (2024) : Analisis Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Menjaga Ketahanan Keluarga Perspektif Hukum Keluarga Islam (studi kasus di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepualaun Meranti). Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peran ganda ibu rumah tangga di Desa Alai Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti dalam menjaga ketahanan keluarga, dampak dari peran ganda yang dimiliki oleh ibu rumah tangga ini bisa mempengaruhi produktifitas kerja sebagai istri, berdampak terhadap anak-anak, kerukunan dalam keluarga, dan hak-hak nya atas suami bisa saja tidak terpenuhi atau sebaliknya dengan peran ganda yang diperankan oleh istri rumah tangga tetap rukun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran ganda ibu rumah tangga dalam menjaga ketahanan keluarga di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, serta bagaimana konsep ketahanan keluarga terhadap peran ganda ibu rumah tangga dalam menjaga ketahanan keluarga di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), yang berlokasikan di Desa Alai, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulaun Meranti. Adapun populasi didalam penelitian ini berjumlah 38 keluarga yang istrinya berperan ganda di Desa Alai. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 5 keluarga yang istrinya berperan ganda di Desa Alai. Data yang digunakan data primer dan data sekuder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan yaitu dengan tetap menjamin terjaganya komunikasi, memperkuat pondasi agama dalam rumah tangga, manajemen waktu yang baik, serta tetap bisa melaksanakan kewajiban sebagai seorang istri dan seorang ibu. Dalam Islam perempuan memang tidak dilarang untuk bekerja dan tidak pula dikekang dengan hanya mewajibkannya duduk didalam rumah saja, boleh untuk berperan ganda asalkan mendapat izin dari suami. Dengan demikian peran ganda yang di lakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Alai dalam menjaga ketahanan keluarga dikatakan boleh secara hukum islam. Kata Kunci : Peran Ganda, Ibu Rumah Tangga, Menjaga Ketahanan Keluarga, Analisis Perspektif, Hukum Keluarga Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDARMAWAN TIA INDRAJAYA, -2001097201darmawantya72@gmail.com
Thesis advisorMARDIANA, -2010047401Mardiana@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:02
Last Modified: 20 Jul 2024 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82752

Actions (login required)

View Item View Item